Promosi Gemar Makan Ikan
Promosi Gemar Makan Ikan

Senin, 23 Nov 2020 | 10:49:38 WIB - Oleh Administrator


Promosi Gemar Makan ikan

 

Sosialisasi Gemar Makan ikan yang diadakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati di Aula Kecamatan Cluwak pada hari Senin tanggal 23 Nopember 2020 bertujuan memingkatkan konsumsi makan ikan masyarakat di wilayah Kecamatan Cluwak sehingga kesehatan masyarakat bisa terjaga dengan baik. Hal ini sesuai dengan tujuan pemerintah pusat yang mentargetkan setiap orang mengkonsumsi ikan 55 kg pertahun. Untuk Kabupaten Pati pada tahun 2019 konsumsi ikan sebesar 42,77 kg yang merupakan yang tertinggi se Jawa tengah. Tetapi dibandingkan target nasional masih belum memenuhi target.

Sebagai sumber pangan, ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik seperti protein sebagai sumber pertumbuhan, asam lemak omega 3 dan 6 yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan pembentukan otak janin, vitamin, serta berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi ibu dan janin. Ikan sebagai bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan mengandung asam amino essensial yang diperlukan oleh tubuh, disamping itu nilai biologisnya mencapai 90%, dengan jaringan pengikat sedikit sehingga lebih mudah dicerna. Hal yang paling penting adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan sumber protein lainnya.

Kadar protein ikan segar atau olahan cukup tinggi, seperti cakalang 24,2 %, tuna 23,7 %, bandeng 21,7 %, lemuru 20,2 %, ikan mas 16 %, pindang 27 %, ikan asap 30 %, ikan asin 42-50 %, udang segar 21 % dan udang kering 62,4 %. Kandungan lemak ikan rendah, umumnya di bawah 5 persen. Bandingkan dengan kandungan lemak ayam yang mencapai 25 %. Ikan juga kaya akan kalsium, fosfor, besi, Vitamin A dan B1.

Mengkonsumsi ikan sebanyak dua porsi per minggu, dapat mencegah atau mengurangi resiko seseorang mengidap serangan jantung. Bahkan ada indikasi masyarakat yang gemar makan ikan memiliki umur harapan hidup yang lebih panjang daripada yang kurang mengkonsumsi ikan, karena di dalam minyak ikan ada asam lemak tidak jenuh Omega 3 terutama yang disebut eikosapentaenoat (EPA) dan dakosaheksaenoat (DHA) yang terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol, trigliserida dan lipoprotein darah. Sehingga ritme kerja jantung menjadi teratur kembali dan penyakit serangan jantung dapat diperlambat kedatangannya.